umum

TIPS MENGEMBALIKAN KONSENTRASI SAAT BELAJAR

19.43.00Rafles Abdi Kusuma, S.Ikom, M.A

TIPS
MENGEMBALIKAN KONSENTRASI SAAT BELAJAR


Tau nggak kalo konsentrasi kita untuk memperhatikan Dosen didepan kelas itu hanya 15 menit.??setelah 15 menit itu berlalu, pikiran kita bisa ada dimana-mana. Entah itu dirumah, dikantin atau malah balik lagi ketempat tidur. Wah….bisa gawat tuh!!! Bisa-bisa kamu ketiduran di dalam kelas.
Banyak Faktor yang membuat kita menjadi tidak fokus lagi dengan materi yang diberikan dosen di depan kelas. Entah itu karena Feel yang kita bawa dari rumah, masalah-masalah hidup yang terbawa di dalam kampus….atau karena faktor ketidaksukaan kita pada dosen itu sendiri.
Nah… ada hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan konsentrasi kita pada dosen yang sedang memberikan materi di depan kelas.
 Menyukai mata kuliah yang diberikan.
Jelas ini sangat mempengaruhi konsentrasi kita pada materi yang diberikan. Kalo kita udah menyukai apa yang menjadi topik yang dibicarakan dosen. Noise apa pun tidak akan bisa mambuyarkan konsentrai kita. Karena ketertarikan kita pada materi membuat kita terus terfokus pada dosen yang memberikan materi.
 Menghilangkan Rasa Kantuk
Yupz….bener banget!faktor mengantuk saat di kelas merupakan noise yang sangat membehayakan. Kalo kita menguap terus, bisa-bisa orang-orang di dalam kelas juga ikutan menguap. Nah…untuk itulah rasa kantuk itu dibuang jauh-jauh. Salah satunya yaitu dengan cara mencuci tangan lho…!!!bukan mencuci muka. Salah, kalo orang beranggapan mencuci muka bisa menghilangkan rasa kantuk. Justru dengan mencuci tangan, kesegaran untuk menerima materi akan timbul dengan sendirinya. Karena ketika kita mencuci tangan. Air yang mengenai urat nadi dipangkal telapak tangan akan membawa kesegaran keseluruh tubuh.
 Makan Permen
Kalo rasa jenuh udah menyerang, coba dech kamu makan permen dan mengunyahnya pelan-pelan. Sedikit banyaknya rasa permen yang kamu nikmati akan menghilangkan jenuh mu pada dosen yang berada di depan kelas.
 Mencari Pemandangan Baru
Iya!!!kalo emang dengan mendengarkan dosen cuap-cuap di kelas udah nggak asik lagi… Coba dech lihat pemandangan di luar kelas lewat jendela kelas yang berterali. Dengan melihat pemandangan baru di luar kelas beberapa menit rasa bosan yang tadinya hampir menggerogotimu akan hilang dengan sendirinya.
 Memejamkan Mata Beberapa Detik
Salah satu alasan mengapa kita bisa kehilangan konsentrasi yaitu mata lelah. Makanya, kita juga harus mengistirahatkan mata dengan waktu hanya beberapa detik untuk memejamkan mata, yakin dech konsentrasi kita akan kembali. eit… tapi jangan ampe ketiduran, nanti bisa malu-maluin!!!!
Nah udah tau khan cara untuk mengembalikan konsentrasi belajar saat dikelas. Untuk pintar itu emang susah, tapi kata pepatah “Banyak jalan menuju Roma”. Banyak cara untuk bisa pintar. Dimana ada kemauan, disitu ada jalan.

SELAMAT MENCOBA!!

You Might Also Like

1 komentar

  1. Terimakasih y atas infonya kak
    Do'ain agar saya bisa mencapai mimpi saya☺️

    BalasHapus

Mohon bila ingin di copy. beri koment ke saya..terima kasih..!!! Butuh Informasi bisa isi formulis Kontak (mohon isi email asli agar saya bisa membalas segera) Terima Kasih

Popular Posts

Formulir Kontak