Ilmu Komunikasi

MODEL-MODEL KOMUNIKASI MASSA

19.50.00Rafles Abdi Kusuma, S.Ikom, M.A

MODEL-MODEL KOMUNIKASI MASSA

Model dalam suatu komunikasi dapat dianggap sebagai penggambaran tentang suatu realita yang dibuat sesederhana mungkin. Dengan mempelajari model komunikasi, menurut DeVito ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh, yaitu :
1. Model memiliki fungsi mengorganisasikan, artinya model dapat mengurutkan dan menghhubungkan satu sistem dengan sistem lainnyaserta dapat memberikan gambaran yang menyeluruh
2. Model dapat membantu menjelaskan sesuatu dengan menyajikan informasi secara sederhana, artinya tanpa model, informasi tersebut dapat menjadi sangat rumit.
3. Dengan model dimungkinkan adanya perkiraan hasil atau jalannya suatu kejadian.

Model dapat dijadikan sebagai suatu dasare bagi pernyataan terhadap berbagai alternative dan membantu membuat hipotesis suatu penelitian. Di bawah ini adalah model komunikasi yang tampil pada tahun awal sekitar decade 1940 dan 1950an.
A. Model Komunikasi Satu Tahap (one step flow of comm.)

Media Massa Komunikan

B. Model Komunikasi Dua Tahap (two step flow of communication)

Sumber Komunikasi Pesan MedMas Opinion Leader KomKan

Kelemahan :
- Individu yang aktif dalam mencari informasi hanya pemuka pendapat
- Membatasi proses analisis, karena proses komunikais terjadi dalam dua tahap atau lebih
- Pemuka pendapat tergantung pada media massa
- Mengabaikan perilaku khalayak, berdasarkan waktu pengenalan ideh baru
- Berbagai saluran komunikasi berperan dalam tahap penerimaan inovasi dan pengambilan keputusan
- Adanya pemisahan khalayak antara pemuka pendapat dengan masyarakat pengikut.

C. Model Komunikasi Banyak Tahap (Multi Step Flow of Comm)

Sumber MedMass Komunikan Komunikan Komunikan

D. SR Model

Stimulus Pesan Respon

E. Uses and Gratification Model
Asumsi dasar :
- Khalayak dianggap aktif
- Inisiatif dan pemilihan media pada khalayak
- Media massa bersaing dengan sumber-sumber lain
- Memusatkan perhatian pada penggunaaan isi media

Faktor social Kebutuhan Harapan2 Berbagai Gratifikasi Kebutuhan
Psikologis Yang Terhadap Media Pengharapan
menimbulkan Melahirkan Massa Media Konsekuensi lain

You Might Also Like

0 komentar

Mohon bila ingin di copy. beri koment ke saya..terima kasih..!!! Butuh Informasi bisa isi formulis Kontak (mohon isi email asli agar saya bisa membalas segera) Terima Kasih

Popular Posts

Formulir Kontak