Public Relation

DEFINISI-DEFINISI HUMAS MENURUT PARA AHLI

19.12.00Rafles Abdi Kusuma, S.Ikom, M.A

DEFINISI-DEFINISI HUMAS (HUBUNGAN MASYARAKAT) MENURUT PARA AHLI


Sampai sekarang, tidak ada satu pun definisi Humas yang dapat diterima oleh semua pihak. Humas seringkali didefinisikan menurut cara seseorang mempraktekkannya.

I. Edward L. Bernays seorang pelopor humas di Amerika Serikat dalam bukunya Public relations (1952), menjelaskan bahwa purel mencakup tiga aspek, yakni:

1. Memberi informasi kepada masyarakat
2. Mengajak masyarakat untuk mengubah sikap dan perilaku mereka
3. Melakukan usaha-usaha untuk menyatukan sikap dan tindakan suatu lembaga atau organisasi dengan publiknya, atau sebaliknya.

Definisi menurut Edward L. Bernays ini mengarah pada bidang humas yakni Humas Lembaga-lembaga social sebagai mana lembaga social itu bekerja demi kepentingan umum di atas segala kepentingan yang ada.


II. Dalam kamus terkenal Amerika serikat webster’s international Dictionary, dijelaskan prtaktek humas adalah:

1. Promosi untuk membina hubunga baik antara kelompok individu atau instansi dengan public tertentu atau masyarakat umum melalui penyebaran informasi yang mudah dipahami.
2. a. Saling pengertian dan hubungan baik yang dicapai antara individu, organisasi, instansi dengan public mereka.
b. Penggunaan metode untuk mencapai hubungan yang baik.
3. a. Penggunaan ilmu pengetahuan untuk menjalin hubungan baik yang saling
menguntungkan.
b. Penggunaan tenaga terampil untuk melaksanakan pekerjaan.

Webster’s international Dictionary ini menggambarkan humas dalam bidang industri atau perdagangan. Humas yang bergerak dalam bidang ini haruslah mempunyai kemampuan mempromosikan perusahaannya dalam rangka perluasan usaha serta dapat mengakomodir segala komponen atau stakeholders yang ada dan management perusahaan yang baik.


III. Definisi humas yang dibuat oleh Lembaga Public Relations Inggris (BIPR)

Public Relations atau Hubungan Masyarakat adalah suatu usaha yang dilakukan secara terencana, dan berusaha secara terus menerus dalam menjalin dan membina saling pengertian di antara suatu organisasi dengan publiknya.
Humas dalam hal ini masih menekankan dalam bidang perdagangan oleh karena upaya mempertahankan citra dari instansi atau organisasi tertentu serta menjalin hubungan yang baik dengan publiknya merupakan kerja humas dalam bidang ini.


IV. Humas menurut S.K Bonar (1993)

Hubungan Masyarakat adalah memeperkenalkan sesuatu pendapat dengan berencana untuk mencapai pengertian dan penerimaan dari masyarakat

Humas ini cenderung kepada humas bidang pemerintahan, yang menyampaikan informasi dan menerima pendapat dari pemerintah.


V. Prof. Byron Christian memberikan definisi Humas

Hubungan Masyarakat ialah suatu usaha yang sadar untuk mempengaruhi orang terutama melalui komunikasi, guna berfikir baik terhadap sesuatu organisasi, menghargainya, mendukungnya dan ikut bersimpati bersamanya jika mendapat tantangan dan kesukaran.

Mempengaruhi orang sehingga bersimpati kepada suatu organisasi ini merupakan humas politik.

VI. Bertrand R Canfield dalam bukunya “principles cases” mendefinisikan humas

Humas adalah suatu falsafah managemen yang memberikan perioritas pertama kepada kepentingan masyarakat di dalam setiap keputusan dan tindakan.

Dalam hal ini humas dipandang sebagai suatu ilmu yang dalam praktisi pendidikan diberikan serta akan diterapkan dalam bidang ekonomi.

VII. Definisi humas menurut Marston

Public relations atau humas adalah seni untuk membuat perusahaan anda disukai dan dihormati oleh para karyawan, konsumen, dan para penyalur.

Dengan disukai oleh ketiga komunitas diatas maka humas dalam perusahaan ini sangat dibutuhkan dalam mengkampanyekan pemasaran perusahaan.

You Might Also Like

0 komentar

Mohon bila ingin di copy. beri koment ke saya..terima kasih..!!! Butuh Informasi bisa isi formulis Kontak (mohon isi email asli agar saya bisa membalas segera) Terima Kasih

Popular Posts

Formulir Kontak